Membandingkan dua hal berdasarkan opini ataupun pengalaman pribadi

Kupat Tahu vs Ketoprak

by Asyam Fm , at 30.7.19

Tinggal di daerah sekitar Bandung yang kaya akan berbagai macam kuliner,  bikin lidah serasa dimanja setiap hari. Aneka macam menu sarapan,  makan siang atau makan malam tersedia disini.

Kali ini saya ingin membahas tentang dua makanan yang sekilas mirip tapi berbeda, yaitu kupat tahu dan ketoprak.

Secara asal muasal kupat tahu ada yang berasal dari Singaparna,  sedangkan ketoprak banyak yang mengatakan berasal dari Betawi atau Jakarta.

Keduanya sama-sama menggunakan bumbu kacang,  tetapi pengolahan bumbunya sedikit berbeda. Jika kupat tahu menggunakan bumbu kacang yang sudah dihaluskan dengan dicampur sedikit air kemudian disiramkan ke potongan ketupat,  tahu yang sudah digoreng dan rebusan tauge.  Sedangkan Ketoprak menggunakan bumbu kacang yang diulek dadakan dipiring menggunakan cabe dan bawang putih dan dicampur sedikit air.

Yang membedakan dari keduanya adalah kalau Ketoprak menggunakan tambahan bihun atau mie putih,  sedangkan pada kupat tahu tidak ada.

Kupat tahu yang saya ketahui ada dua jenis,  yaitu kupat tahu singaparna yang menggunakan bumbu kacang dan kupat tahu padalarang yang menggunakan kuah sayur sebagai bumbunya, atau lebih tepatnya lebih mirip ke lontong sayur.

Sacara rasa,  keduanya sama-sama enak dan cocok untuk dijadikan menu sarapan.  Tetapi saya pribadi lebih menyukai Ketoprak karena bumbu kacang yang lebih terasa dan diulek dadakan sehingga rasanya lebih nikmat,  berbeda dengan kupat tahu yang bumbunya sudah dihaluskan lebih dulu sebelumnya,  dan kadang bumbu kacangnya pun kurang begitu terasa.

Kalau anda, yang mana yang paling anda sukai?  Kupat Tahu atau Ketoprak??
Asyam Fm
Kupat Tahu vs Ketoprak - written by Asyam Fm , published at 30.7.19, categorized as Kuliner
Berkomentarlah yang sopan dan hargai komentar orang lain.
Copyright ©2013 One on One Battle
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger