Membandingkan dua hal berdasarkan opini ataupun pengalaman pribadi

Melahirkan di Rumah Sakit vs Bidan

by Asyam Fm , at 29.7.19

Saya mempunyai dua orang putri, anak yang pertama istri melahirkan di Rumah Sakit, tepatnya di RS Cahya Kawaluyan pada tahun 2013, sedangkan anak yang kedua istri melahirkan di Bidan Imas Rachmawati di Puri Cipageran Indah II pada tahun ini 2019. Alhamdullilah kedua anak saya lahir normal dan sehat.

Nah,  kali ini saya ingin membandingkan antara melahirkan di Rumah Sakit dengan di Bidan.  Apa sajakan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.  Tentunya ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi dan bukan hasil penelitian ataupun sensus.

Pada anak saya yang pertama,  istri melahirkan di Rumah sakit,  pertimbangannya adalah ini merupakan lahiran yang pertama,  saya dan istri saya sama sekali blank dengan hal ini.  Sehingga kami memutuskan untuk pergi kerumah sakit karena jikapun ada masalah,  bisa langsung dengan cepat diambil tindakan.

Untuk anak yang kedua, kami memilih ke Bidan karena kami sudah memiliki pengalaman yang cukup,  dan selama kehamilan, alhamdullilah tidak ada kelainan ataupun hal-hal yang tidak normal lainnya.  Sehingga kamipun tenang dan merasa yakin untuk pergi le Bidan saja.
Saya menggunakan layanan Grab ketika pergi dengan istri ke Bidan.

Untuk masalah biaya,  sudah pasti biaya di Rumah Sakit akan jauh lebih mahal dibandingkan di Bidan.  Pada tahun 2013, biaya rumah sakit yang harus kami keluarkan sekitar kurang lebih 5 jutaan,  sedangkan untuk di bidan sekitar 1.5 jutaan,  itupun saya mendapatkan pengganti sebesar 1 juta dari asuransi kesehatan di tempat saya bekerja.

Dari segi jarak,  jarak antara rumah saya dengan rumah sakit relatif cukup jauh,  sekitar 15 km,  sedangkan kalau ke bidan sekitar 5 km saja. Sehingga jika ada barang yang ketinggalan atau harua mengambil sesuatu dari rumah bisa dengan cepat dilakukan.

Dari segi waktu,  ketika melahirkan di rumah sakit, istri dan anak harus menginap selama 3 hari karena anak harus di observasi oleh dokter anak, sedangkan di Bidan, istri masuk sekitar jam 11 siang, dan jam 5 sore sudah bisa pulang beserta bayi.

Overall,  jika merasa yakin dan selama kehamilan tidak ada kejanggalan,  akan lebih baik jika lahiran di Bidan saja.  Karena bisa menghemat biaya dan waktu.  Tetapi jika merasa kurang yakin,  atau istri merasa ragu,  alangkah lebih baik jika lahiran di Rumah Sakit.

Note: untuk bahan pertimbangan,  untuk lahiran yang kedua dibidan Imas Rachmawati ada beberapa keuntungan,  diantaranya:

  • bisa sekalian bikin akte kelahiran walaupun harus membayar lebih tapi anda tidak perlu pulang pergi untuk mengurusnya sendiri
  • mendapatkan baby spa gratis pada bulan kedua
  • pada masa kehamilan ada layanan usg gratis dengan membeli susu.
Asyam Fm
Melahirkan di Rumah Sakit vs Bidan - written by Asyam Fm , published at 29.7.19, categorized as Kesehatan
Berkomentarlah yang sopan dan hargai komentar orang lain.
Copyright ©2013 One on One Battle
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger