Membandingkan dua hal berdasarkan opini ataupun pengalaman pribadi

MotoGP: Tim Pabrikan vs Tim Satelit

by Asyam Fm , at 3.8.19

Setiap hari minggu, biasanya sambil liburan saya sempetin nonton acara olah raga di tv.  Mulai dari tinju,  sepakbola sampai ke balap MotoGP. Nah,  untuk masalah MotoGP yang biasanya disiarkan oleh TransTV,  mungkin masih ada yang bingung dengan istilah tim Pabrikan dengan tim Satelit.  Kali ini saya mau nge bahas itu, biar kita sama-sama mendapatkan pencerahan hehe..

Mari kita lihat apa saja sih perbedaan antara tim Pabrikan dengan tim Satelit ini?  Sebelumnya kita juga harus tau nih,  tim mana saja yang termasuk tim Pabrikan dan tim mana saja yang termasuk tim Satelit.

Baca juga: Dovizioso vs Marquez Last Lap Battles

Nah,  untuk tim Pabrikan diantaranya adalah Tim Repsol Honda, Movistar Yamaha, Suzuki Ecstar, Ducati Team, KTM, Aprilia Gresini, sedangkan untuk tim Satelit diantaranya ada LCR Honda, Marc VDS Honda, Pramac Ducati, Avintia Ducati, Aspar Ducati, Yamaha Tech 3.

Untuk tim pabrikan biasanya disebut tim utama, sedangkan tim Satelit biasa disebut anak tim utama. 

Dari segi dana,  tim Pabrikan biasanya mempunyai dana yang cukup besar untuk mendukung motor tim Pabrikan,  dan sponsor pun banyak yang masuk ke dalam tim utama ini,  sedangkan tim Satelit biasanya hanya didukung dana dari pabrikan itu sendiri.  Tapi tim Utama selalu menjadi prioritas utama dalam pengembangan motor dan ridernya. 

Untuk rider,  tim Pabrikan diberi kebebasan untuk memilih rider unggulan mereka. Tim Pabrikan akan selalu ditunggangi oleh rider top yang memiliki prestasi mumpuni.  Sedangkan tim satelit harus memilih rider dengan pilihan terbatas,  biasanya mereka akan memilih rider dari level dibawahnya seperti moto2.

Dari segi jumlah kru,  tim Pabrikan atau tim Utama akan memiliki kru yang lebih banyak dari tim Satelit. Otomatis dengn kru yang lebih banyak akan lebih mudah menyelesaikan pekerjaan tim dan dapat meminimalisir kesalahan. 

Dari segi tim mekanik,  tim Utama mendapat dukungan langsung dari Pabrikan dan tentunya bukan orang sembarangan.  Setingan mereka akan lebih hebat dibandingkan tim satelit dan setiap keluhan rider akan dengan cepat mereka atasi. 

Sebenarnya,  masih banyak lagi perbedaan antara tim Pabrikan dengan tim Satelit, tapi biasanya akan berujung pada dana.  Tim Pabrikan yang didukung oleh sponsor dan dana yang besar tentunya akan lebih cepat berkembang dibandingkan tim Satelit.  Sedangkan tim Satelit harus bekerja lebih keras agar bisa bersaing dengan tim Utama atau dengan tim Satelit lainnya.
Asyam Fm
MotoGP: Tim Pabrikan vs Tim Satelit - written by Asyam Fm , published at 3.8.19, categorized as Otomotif
Berkomentarlah yang sopan dan hargai komentar orang lain.
Copyright ©2013 One on One Battle
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger