Membandingkan dua hal berdasarkan opini ataupun pengalaman pribadi

Premium vs Pertalite

by Asyam Fm , at 4.8.19

Bagi saya yang sehari-hari pergi kerja menggunakan motor pasti harus selalu pergi ke SPBU untuk mengisi bahan bakar motor saya, ya minimal 1 minggu sekali. Saya biasa mengisi bahan bakar Pertalite, tapi jika kosong  kadang saya isi dengan Premium atau Pertamax (kalo kepepet).

DiIndonesia ada banyak jenis bahan bakar yang ada d SPBU, yaitu Solar, Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Dex, Pertamax Turbo, Dexlite dan Bio Solar. Dari masing-masing bahan bakar tersebut, memiliki perbedaan dankeunggulannya masing-masing. Tapi kali ini saya hanya ingin membandingkan antar Premium dan Pertalite saja, karena kedua jenis bahan bakar ini yang paling sering saya gunakan.

Dari segi harga, Premium sudah pasti lebih murah dibandingkan dengan Pertalite. Saat ini per 29 Juli 2019 Premium (diBandung) dihargai Rp. 7000,- per liter. Sedangkan Pertalite dihargai sebesar Rp. 7.650,- per liter. (Sumber : www.pertamina.com)

Dari segi nilai Oktan, Nilai Oktan atau kadang disebut juga RON (Research Octane Number) merupakan kekuatan tekanan atau kompresi bahan bakar terhadap mesin. Semakin tinggi nilai oktan dari bahan bakar maka efeknya akan semakin baik bagi kinerja mesin dan sisa residu dari pembakaran di mesin pun menjadi lebih sedikit. Nah, berapa nilai Oktan untuk Premium dan Pertalite? Untuk Premium memiliki nilai Oktan sebesar 88 sedangkan Pertalite memiliki nilai 92.

Dari segi warna cairan, masing-masing bahan bakar memiliki warnanya masing-masing untuk membedakan satu dengan yang lain, begitu juga dengan Premium dan Pertalite. Warna ini didapat dari zat pewarna yang ditambahkan pada bahan bakar. Premium memiliki warna kuning cerah yang didapat dari pewarna tambahan, sedangkan Pertalite memiliki warna hijau terang. Untuk informasi, bahan bakar yang tidak menggunakan zat pewarna tambahan seperti Pertamax, akan memberikan pembakaran yang sempurna pada mesin.

Dari segi polusi, Sudah dapat dipastikan setiap bahan bakar akan mengeluarkan polusi. Tapi setiap jenis bahan bakar memiliki tingkat polusi yang berbeda-beda. Hal tersebut ditentukan oleh kualitas dari jenis bahan bakar itu sendiri. Premium yang kualitasnya berada dibawah Pertalite sudah pasti akan mengeluarkan polusi yang lebih besar dibandingkan Pertalite.

Ada mitos dikalangan masyarakat kita yang mengatakan bahwa memakai premium lebih baik dibandingkan Pertalite. Hal tersebut tentunya tidak benar, karena semakin baik kualitas bahan bakar akan memberikan dampak yang baik pada kinerja mesin dan juga akan lebih irit karena pembakaran jadi makin sempurna.

Jadi, kamu pilih yang mana? Masih pilih pakai Premium atau akan beralih ke Pertalite?
Asyam Fm
Premium vs Pertalite - written by Asyam Fm , published at 4.8.19, categorized as Otomotif
Berkomentarlah yang sopan dan hargai komentar orang lain.
Copyright ©2013 One on One Battle
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger